Prospek Buah Merah yang Menjanjikan

 On Tuesday, October 23, 2018  


Buah Merah (Pandanus conoideus, Lam) adalah tanaman spesies Papua merupakan tanaman khas atau endemic yang tumbuh secara alami (bebas pestisida dan pupuk kimia) sudah dikenal dan telah dikonsumsi sejak zaman dahulu oleh masyarakat Papua.

Pandanus tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 2.500 m dpl. Buah ini banyak ditemukan di lembah Baliem Wamena, Tolikara, Pegunungan Bintang, Pegunungan Tengah (Jayawijaya, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Nabire), Yahukimo, Jayapura, Sorong dan Monokwari dan kemudian menyebar ke daerah lainnya di Papua.

Mengkonsumsi buah merah dijadikan kebiasaan masyarakat tradisional Papua dan diyakini mampu menangkal penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, kolesterol, asam urat, kanker sekaligus meningkatkan stamina/menjaga daya tahan tubuh.


Tingginya kadar betakaroten dan tokoferol pada buah ini dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mengobati penderita kanker dan HIV/AIDS yang selama ini sulit disembuhkan.

Buah merah merupakan produk hortikultura yang berpotensi ekonomi. Buah merah merupakan produk tanaman obat yang memiliki potensi baik ke depan apabila ditangani dengan baik. 


Salah satu produk olahan buah ini berupa softgel bernama Redoten yang harga jualnya Rp 320.000 /botol/60 softgel, sementara harga jual dalam bentuk segar hanya Rp 20.000 – 50.000 per buah.

Buah merah selain dijadikan ekstrak suplemen juga dimanfaatkan sebagai campuran masakan sayuran/umbi umbian, selai, kosmetika (sabun kecantikan), pewarna, roti kering, dan pakan ternak.
Prospek Buah Merah yang Menjanjikan 4.5 5 Nurdian Tuesday, October 23, 2018 Buah Merah (Pandanus conoideus, Lam) adalah tanaman spesies Papua merupakan tanaman khas atau endemic yang tumbuh secara alami (bebas pestisida dan pupuk kimia) sudah dikenal dan telah dikonsumsi sejak zaman dahulu oleh masyarakat Papua. Buah Merah (Pandanus conoideus, Lam) adalah tanaman spesies Papua merupakan tanaman khas atau endemic yang tumbuh secara alami (bebas pe...


1 comment:

  1. How do I make money with real casino games? - drmcd
    In the beginning, you just couldn't bet against yourself, and as 강릉 출장안마 with anything in life, you had 보령 출장샵 to 춘천 출장안마 play for 통영 출장안마 free. Here you go: 부산광역 출장안마

    ReplyDelete

Powered by Blogger.